Wednesday, October 31, 2012

Membuat Kartu Berbentuk Tas

Tas untuk seorang wanita baik yang tua dan yang muda merupakan hal yang utama. Tas besar atau kecil dalam berbagai pilihan dengan beragam fungsi tersedia di mana-mana. Satu yang menarik dari tas adalah bisa dijadikan inspirasi dalam membuat kartu ucapan. Kali ini saya menjabarkan tutorial membuat kartu berbentuk tas. Sebetulnya, tasnya menjadi kantong tempat kartunya disimpan. Ukuran tasnya bisa beragam dan terserah pada si pembuat. Tapi saya berikan contoh di bawah ini bagaimana ukuran dan wujud tas kertasnya sebelum dirakit dan sesudah dijadikan satu. Dalam menghias tasnya, imajinasi pembuat juga bisa seluas-luasnya. Pilih tema tertentu yang istimewa untuk menentukan hiasan tasnya. Kartu ucapannya sendiri berupa kartu mungil yang hiasannya bisa diseragamkan dengan tasnya. Kalau ada pertanyaan seputar pembuatan tas dan kartunya, silahkan meninggalkan komentar di jurnal ini.



Gambar terlebih dulu kerangka tasnya di atas karton tebal. Jadikan ini sebagai cetakan atau contoh untuk karya berikutnya.



Memakai cetakan tas yang sudah dibuat sebelumnya, gambar rangka tas bagian I dan II di atas kertas karton atau kertas tebal lainnya (bisa menggunakan kertas scrapbook dua sisi atau bermotif dua yang tebal). 

Gunting bagian I dan II.



Lipat sisi kiri, kanan, bawah dan atas bagian II rangka tas. 

Rekatkan sisi-sisi yang dilipat tadi ke bagian I rangka tas.

Buat kartu ucapannya dengan ukuran bebas. 

Hias tas yang sudah jadi sesuai selera dan beri pegangan tasnya  memakai kertas, pita atau tali.

Tulis ucapan pada kartu dan masukkan kartunya ke dalam tas.

LIHAT CONTOH LAIN TAS KERTAS & KARTUNYA DI JURNAL INI.







No comments:

Post a Comment