Sunday, March 24, 2013

Kartu Berukiran HAPPY BIRTHDAY

Berkarya dengan sederetan huruf yang merangkai sebuah kata itu bisa dijadikan pusat perhatian di sebuah kartu ucapan. Kartu ulang tahun yang baru-baru ini saya buat, di bagian depannya berhiaskan ukiran di kertas bertuliskan "Happy Birthday". Tulisan ini adalah hasil gambaran saya sendiri di atas sebuah kertas karton berwarna putih. Tulisan itu kemudian saya potong bagian-bagiannya, lalu warnai memakai tinta stempel. Proyek kartu berhiaskan tulisan berupa potongan atau ukiran di kertas ini saya ikutsertakan di kegiatan Prakarya Kertas lewat group Facebook yang saya kelola. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuatnya, silahkan memperhatikan uraian saya di bawah.

BAHAN-BAHAN:


  • Kertas karton dengan dua warna yang berbeda (saya memakai putih dan hijau muda)
  • Kertas bermotif
  • Tinta stempel
  • Pensil
  • Pisau ketrampilan
  • Gunting
  • Perekat: lem biasa, foam tape (3D tape)
  • Hiasan: pita, bunga, sticker, aksesoris, dll.

CARA MEMBUATNYA:


 1. Saya gambar tulisan "Happy Birthday"-nya di atas kertas karton putih.


2. Kemudian saya potong bagian-bagian di gambar tadi memakai pisau ketrampilan.


3. Sesudahnya, saya warnai tulisan "Happy Birthday"-nya dengan cara membubuhkan tinta stempel ke atas kertasnya dan menyapunya perlahan.


4. Siapkan kartu ucapannya sesuai ukuran yang diinginkan. Gambar persegi panjang di bagian depan kartu dan potong, sehingga menyerupai bingkai.


5. Selipkan kertas berhiaskan tulisan "Happy Birthday" ke bagian belakang kartu yang berlubang. Rekatkan.


6. Siapkan kertas bermotif, potong sesuai ukuran kertas berhiaskan tulisan "Happy Birthday"-nya. Tempelkan foam tape atau 3D tape di belakang bagian kartu yang sudah ditempelkan tulisan.

Lalu tempelkan potongan kertas bermotif ke foam tape-nya, menutupi bagian tulisan.

7. Hias kartunya.

(Saya menghiasnya dengan membuat garis putus-putus di sekeliling bingkai di bagian depan kartu. Selain itu saya tempelkan washi tape ke bagian depan kartu dan menambahkan hiasan berupa bunga dari kain dan daun, serta sebuah medalion dari logam.





Paper-carved Birthday Card
 

2 comments: