Monday, June 24, 2013

Membuat Bingkai Cantik dari Kotak Bekas

Saat anda masuk ke dapur, saya yakin di lemari anda pasti ada kemasan makanan dalam kotak kardus. Beberapa kotak itu bisa jadi bahannya menarik dan bagus mutunya, sehingga sayang untuk dibuang. Kenapa tidak dipakai untuk sebuah bingkai photo? Itu pemikiran saya sewaktu memegang sebuah kotak bekas yang wujudnya kokoh. Rencananya, bingkai hasil daur-ulang ini akan saya berikan ke keponakan saya. Bagian luar kotak menjadi bagian dalam bingkai, yang saya hias dengan kertas bermotif dua macam. Sedangkan bagian dalam kotaknya, menjadi bagian luar bingkainya. Silahkan simak tahap demi tahap pembuatan bingkai cantik dari kotak bekas di bawah ini!

1. Buka kotak bekas kemasannya, dan ratakan. Potong bagian kotak yang tadinya jadi bagian depan atau belakangnya. 


2. Potong kotak seperti gambar di bawah, beri potongan menyudut di bagian atas dan bawah sisi kiri dan kanannya.


3. Potong bagian tengah kotak membentuk persegi empat, dan sesuaikan ukurannya dengan ukuran photo. Jangan sampai lebih besar dari ukuran photonya.




4. Balik kotaknya, sehingga bagian yang bergambar menghadap kita. Lalu hias dengan menempelkan kertas bermotif pada bagian kotaknya.




5. Sekarang, hadapkan bagian kotak yang polos, atau bagian depan bingkainya. Tempelkan kertas bermotif pada bagian bingkai.




6. Kembali ke bagian belakang bingkainya, lipat bagian tepi yang bawah ke arah dalam bingkai. Lalu lipat sisi kiri dan kanan bingkai dan rekatkan.




7.Tempelkan kertas bermotif di bagian belakang bingkai.




Bagian dalam dan depan bingkai akan terlihat seperti ini. 




8. Hias bagian depan bingkai, dan tempelkan pita atau tali di belakangnya untuk menggantung.




Selamat menjajal membuat bingkai cantik dari kotak bekas.




No comments:

Post a Comment