Friday, April 26, 2013

SCRAPBOOK BOX GANTUNG

Salah satu cara mendayagunakan sebuah kotak bekas tempat makanan ringan adalah dengan menjadikannya sebuah karya indah. Kebetulan putri saya mau berulang tahun dan saya ingin membuat sebentuk ucapan ulang tahun yang lain dari yang lain. Ide SCRAPBOOK BOX GANTUNG ini sudah lama saya rencanakan dan baru sekarang bisa saya jadikan nyata. Bahan-bahan pendukung lainnya yang saya pakai dalam pembuatan scrapbook box gantung ini kebanyakkan adalah bahan-bahan daur-ulang. Untuk pelapis kotaknya saya gunakan halaman dari buku bekas, sedangkan hiasannya berupa kancing-kancing tua, bahkan sehelai bulu burung hasil temuan. Simak uraian saya mengenai bahan-bahan dan cara pembuatan scrapbook box gantung.




BAHAN-BAHAN:

  • Kotak kardus bekas makanan kecil (usahakan yang masih bersih tanpa noda minyak atau sesuatu yang lengket)
  • Beberapa lembar halaman buku tua
  • Sepotong kardus, kupas salah satu bagiannya
  • Sehelai pita atau tali
  • Kertas-kertas sisa
  • Hiasan: kancing-kancing tua, bulu burung, bunga kertas
  • Photo
  • Pelubang kertas
  • Tinta stempel (saya memakai 2 warna).


CARA MEMBUATNYA:

  1. Siapkan kotak bekasnya. Potong sisi kecil (kiri dan kanan) pada bagian atas kotak.
  2. Lapisi permukaan kotak dengan beberapa lembar halaman dari buku bekas.
  3. Lubangi sisi kiri dan kanan kotak dengan pelubang kertas Sematkan pita atau tali ke dalam kotak dan buat simpul.
  4. Remas-remas beberapa lembar halaman buku, lalu masukkan ke dalam kotaknya. Isi sampai 3/4 kotak terisi.
  5. Rekatkan bagian atas kotak, lalu lapisi dengan kertas halaman buku.
  6. Warnai kotaknya dengan cara membubuhkan tinta stempel ke permukaannya. Warnai juga potongan kardusnya.
  7. Rekatkan photo pada potongan kardus yang sudah dikupas. Lalu rekatkan kardusnya ke bagian kotak. 
  8. Hias scrapbook box-nya sesuai selera. Tulis ucapan atau kata-kata mutiara sebagai pelengkap.
  9. Buat 4 potongan dari kertas sisa, untuk menutup sudut-sudut kotak.





Gantung scrapbook box sebagai hiasan dinding dan pemanis ruangan. Saya sekedar mengingatkan untuk tidak memasang scrapbook box-nya di daerah yang lembab atau dekat air, supaya hasil karyanya tetap terjaga. Selamat menjajal membuat SCRAPBOOK BOX GANTUNG.






2 comments:

  1. keren euy ....
    Betul juga ya, box susu anak-anak daripada di buang mending di berdayakan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ifah! Iya, banyak kardus bekas yg bisa diutak-atik kan? Kamar anak2mu bisa dihias dengan scrapbook box gantung nih.

      Delete