Sunday, August 26, 2012

Prakarya Kertas: Membuat Buku Mini

Buku mini ini terbuat dari selembar kertas. Ya, benar-benar hanya dari selembar kertas. Kertas yang saya pakai bentuknya persegi panjang. Ukurannya terserah, tapi usahakan yang mudah dibagi menjadi 4 panjangnya, misalnya berukuran 10cm x 20cm. Sudah beberapa kali saya membuat buku mini ini untuk berbagai kesempatan. Untuk seorang kawan yang sedang sakit, saya buat buku mini untuk rangkaian photo-photo bunga dan puisi dari pujangga kesayangannya. Buku mini lainnya sebagai hadiah untuk seorang kawan yang masih bertema sama, berisi photo-photo bunga jepretan saya ditemani beberapa kata bijak. Buku mini ini juga berguna untuk mengabadikan karya anak-anak. Seperti karya putri kedua saya sewaktu dia masih kelas 2 SD. Suatu hari dia menggambar sebuah cerita tentang "Mama's Favorite Things". Keharuan dan kebahagiaan saya akan hasil karyanya saya jadikan illustrasi dalam buku mini ini. 

Bagi kertas persegi panjang menjadi 8 bagian, beri penegasan garis antaranya.
Potong kertasnya di bagian tengah, tapi jangan sampai putus.


Lipat dan pertemukan bagian yang tidak terputus, lalu rekatkan.
Kemudian rekatkan bagian halaman lain yang bertemu juga.



Beri sampul, dengan menempelkan kertas bermotif  atau beri hiasan lain.
Tempelkan gambar, photo atau tulisan sebagai jurnal dalam bukunya.




4 comments:

  1. Wujud buku sampai isinya bener2 kreatif, Dian. Tadinya kupikir buat buku alamat atau contekan apalah...gak taunya isinya...hiks...sungguh menyentuh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 suka bikin kejutan buatku, Na. Ini salah satunya. Sayang kan kalau cuma disimpan begitu aja atau di-scan. Kebetulan Audrey bikinnya terpisah jadi bisa dibikin buku cerita. Itu kamu dapat ide buku contekan lucu amat, hahaha.

      Delete
    2. hihi, iya ya jd mini album surprise,ya Dian. Klo jd buku contekan ya contekan resep hahaha..., maklum ibu2...hihihi

      Delete
    3. Kekecilan kalau buat buku resep, Na. Kalau buat buku alamat, mesti bikin beberapa supaya jadi banyak halamannya.

      Delete