Wednesday, January 9, 2013

Dari Katalog Mewah Menjadi Album Scrapbook

Beberapa kali surat kabar langganan kami diberi sisipan katalog mewah yang menawarkan pakaian, sepatu, tas dan aksesoris dari merk-merk ternama. Barang-barangnya yang pasti tidak akan terbeli melihat situasi keuangan kami. Tapi bahan kertas dan wujud dari katalognya sendiri dibuat semewah mungkin, jadinya sayang kalau dibuang. Ukurannya pas sekali untuk dijadikan album scrapbook atau buku jurnal, terserah kreatifitas masing-masing. Di awal tahun ini, proyek saya terbaru adalah membuat album scrapbook dalam rangka merayakan ultah perkawinan saya dan suami. Ukuran katalognya 26cm x 28 cm. Cara saya untuk membuat sebuah halaman scrapbooknya adalah dengan merekatkan 2 halaman dengan stapler. Kemudian 2 halaman sesudahnya dipotong, baru 2 halaman selanjutnya direkatkan lagi untuk halaman berikutnya. Cara ini mengurangi tumpang-tindih kalau halamannya akan mengganjal akibat hiasannya. Kali ini saya menempelkan kertas scrapbook pada halaman katalognya dan tidak membubuhkan cat atau tinta seperti proyek sebelumnya, sementara bagian lain katalog saya biarkan apa adanya. Semua halaman yang saya jadikan halaman scrapbook berada di sebelah kanan, sehingga albumnya terlihat lebih rapi dan tidak berdesakan.


Keterangan: halaman pertama katalog saya potong dan rekatkan pada sampul katalognya, lalu hias dengan gambar ephemera (berupa bunga) dan potongan dari bekas kotak tissue (motif flourish).






Katalog barang mewah




3 comments:

  1. wa bisa cakep gitu jadinya
    kerenn...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih komentarnya. Moga2 bisa memicu kreatifitasmu.

    ReplyDelete
  3. duuh kapan ya bisa sekreatif Dian..?? hiks..hiks..Suka sayang klo lht kertas yg bs dimanfaatkan ulang atau pita2 bekas..

    ReplyDelete