Tuesday, March 5, 2013

Membuat Kartu Hugs & Kisses

Sebelum blog prakarya saya yang ada di Blogger ini, saya sudah mempunyai dan mengurus sebuah blog yang membahas bagaimana berkarya dengan kertas. Selama lebih dari 4 tahun blog prakarya saya di Multiply menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, karena saya bisa mengajak orang lain untuk turut berkreasi. Selain itu saya menjadi selalu terdorong untuk menciptakan karya-karya baru dan mengembangkan pengetahuan saya dalam hal prakarya kertas. Kemudian, pada tanggal 23 Mei 2008, saya gagas sebuah kegiatan yang saya beri nama PRAKARYA KERTAS. Kegiatan ini bisa berlangsung antara 3 minggu atau sebulan, yang tiap kali berubah temanya. Tiap kegiatan memiliki moderator yang saya tunjuk, yang kemudian akan mengatur berjalannya kegiatan. Dari PK kami berkembang dan bertambah dekat satu sama lain lewat blog masing-masing, dan sayang sekali karena blog di Multiply katanya mau dibubarkan, kegiatan PK jadinya berhenti. Kemudian ada pemikiran untuk menggalakan lagi kegiatan PK lewat grup di Facebook dan ternyata beberapa teman yang pernah meramaikan kegiatan tersebut di blog sebelumnya, ikut mendukung. Untuk itulah saya mau memulainya lagi .

Karya saya berupa kartu ini saya buat tahun 2009, dalam rangka kegiatan Prakarya Kertas bertema Bermain dengan Huruf dan Angka. Sebagai pemanasan memulai PK di grup Facebook, saya mau mengetengahkan tema yang sama, karena ternyata menyenangkan sekali membuat karya kertas dengan inspirasi berupa huruf dan angka.Salah satu karya yang saya buat adalah sebuah kartu dengan tema "Hugs & Kisses" atau kalau di Amerika, dimana saya tinggal, disimbolkan ke dua huruf XO. Saat saya membuat kartu itu, seorang teman sedang menghadapi kesusahan saat anaknya sednag sakit. Kartunya saya buat untuk memberikan sedikit dukungan moril buatnya, seorang ibu yang sedang berharap anaknya bisa lekas sembuh dari sakitnya. Untuk membuat pola XO-nya, saya memakai clear stamp. Saya mewarnai kertas yang sudah distempel dengan tinta stempel. Berikut adalah tahap-tahap pembuatan kartu "Hugs & Kisses".

Stempel huruf-huruf X dan O ke atas kertas (bertekstur).


Saya lubangi bagian tengah huruf O, kemudian warnai kertasnya dengan cara menyapunya dengan tinta stempel memakai sponge make-up. Lalu saya pertegas outline huruf X-nya memakai spidol.




Siapkan kertas untuk dasar kartunya, dengan nuansa senada. Sesudah itu saya tempel kertas bermotif ke atas kertas kartunya, baru kemudian saya tempel kertas berpola XOXO-nya memakai foam tape untuk menciptakan efek 3 dimensi.




Kemudian untuk hiasan pemanisnya, saya buat dua huruf XO memakai kertas berwarna keemasan. Saya mencontoh hurufnya dari cetakan cookies. Jadilah sebuah kartu sederhana yang manis untuk teman tersayang.



No comments:

Post a Comment