Friday, December 7, 2012

Wahai Pencuri Yang Budiman...

Ternyata menjadi orang terampil dan kreatif itu tidak mudah. Selama bertahun-tahun saya berkecimpung di dunia prakarya, saya maklum kalau orang saling mengcopy ide orang lain. Sebab ide itu bisa dikembangkan sedemikian rupa, sampai ide awalnya bisa tidak kentara. Kreatifitas masing-masing orang berbeda dan dengan adanya internet memungkinkan sekali pengembangan kreatifitas itu hingga diketahui oleh orang dari segala macam penjuru. Sayangnya, hal ini memudahkan pula segelintir orang yang berniat ingin memakai hasil karya orang lain untuk dipakai sendiri ataupun komersial. Maka muncullah pemakaian photo-photo dari orang-orang tertentu yang lebih membahana kasusnya di dunia memasak beserta resepnya yang biasanya dipasang di sebuah blog. Tulisan atau gambar ini kemudian menjadi obyek jurnal blog orang lain bahkan menjadi isi buku resep orang lain, tanpa mencantumkan sumber siapa pembuat dari masakan tersebut atau minta ijin untuk menggunakan photo-photonya. 

Pagi ini saya mendapat email dari seorang teman sesama blogger dan crafter, yang memberitahukan sebuah jurnal di blog seseorang di Blogger, yang memajang 2 karya saya, lengkap dari mulai photo-photonya, sampai ke penjelasan rincinya. Blogger ini mengaku di satu jurnalnya dia mendapatkan obyek prakaryanya dari Google dan mengaku sudah mencobanya sendiri. Tapi dia tidak mencantumkan dari manakah dia mendapatkan photo-photo dan penjelasan bahan baku dan serta cara pembuatan prakaryanya. Karya yang dia sebutkan di jurnal itu adalah milik saya, berasal dari blog lama saya: MEMBUAT PIGURA KERTAS. Jurnal blogger yang satunya yang juga diambil dari blog prakarya saya MEMBUAT SCRAPBOOK KANTONG KERTAS. Sepertinya memang tidak ada niat baik dari pemilik blog tersebut di bawah ini, yang mencantumkan banyak gambar dan penjelasan cara pembuatan serta bahan-bahannya dengan mengatasnamakan kreatifitas. Saya sungguh berharap, pemilik blog bernama RESIA N. MELINDA dengan blog prakaryanya sebagai berikut:


akan mencantumkan sumber dari berbagai prakarya yang dia ketengahkan di blognya. Ada bagusnya yang bersangkutan juga minta maaf pada pemilik karya-karya yang dia pakai di blognya. 


Pencurian hasil karya orang lain di internet sudah sedemikian peliknya, bahkan tanda watermark di tiap photo yang ditampilkan oleh pemilik asli pun sudah tidak ada artinya. Karena hal itu sudah dialami oleh beberapa kawan yang photo-photo hasil masakannya lengkap dengan watermark-nya, dipakai oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengetahui apakah jurnal blog dari seseorang itu adalah hasil pemikirannya sendiri atau tidak sebenarnya ada caranya, yaitu dengan memperhatikan tiap jurnal sengan seksama berikut gambar-gambar yang dia pakai sebagai illustrasi. Berikut sekedar pedoman bagi pemerhati blogging:

  1. Perhatikan gaya bahasa yang dipakai oleh seorang blogger. Karena bahasa yang dipakai biasanya adalah kebiasaan dari blogger tersebut. Masing-masing orang memiliki ciri khas dan itu yang biasanya akan terlihat dari sebuah blog. Maka kalau anda memperhatikan sebuah blog dan tiba-tiba merasa tulisan yang diungkapkan si blogger berbeda di tiap jurnalnya, ada kemungkinan si blogger mengcopy-paste jurnal orang lain.
  2. Perhatikan gambar atau photo-photo yang dipakai seorang blogger. Tiap blogger layaknya seorang photographer, punya gaya tersendiri yang masing-masing lain. Meski kamera yang dipakai sama, atau media yang digunakan serupa, hasil jepretan seseorang akan berbeda, karena mata dari pengambil gambar itulah yang menentukan gayanya. Jadi sekalipun sebuah photo tidak ada watermark-nya, gaya photo seseorang bisa terlihat dari hasil jepretannya.
  3. Gambar tanpa watermark bukan berarti gambar bebas yang bisa dipakai begitu saja. Tidak semua orang mengerti bagaimana mencantumkan watermark dan bukan berarti salah si pengambil gambar kalau karyanya dicuri atau dipakai orang lain tanpa seijinnya.
  4. SELALU cantumkan sumber darimana ide, tulisan, karya, photo yang anda pakai di blog anda. Mintalah ijin pada yang bersangkutan si penulis atau pembuat karya, kalau anda ingin menggunakan tulisan atau hasil karyanya sebagai rujukan. Berikan link di jurnal blog anda, merujuk pada sumber awal hal-hal yang anda kemukakan di blog.
  5. Ingatlah untuk selalu menghormati INTELECTUAL PROPERTY dari orang lain. Adalah ILLEGAL untuk mempergunakan hasil intelectual property orang lain tanpa ijin, apalagi mengambil untung dari hal tersebut.

No comments:

Post a Comment